Apa Itu SEO / Search Engine Optimization?

search engine optimization chalkboard 1920
sumber gambar dari searchengineland

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization.” Yaitu sebuah proses dalam mendapatkan traffik dengan “gratis,” “organik,” “editorial” atau “natural” dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. 

Optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses untuk mencapai halaman pertama dalam hasil pencarian. Berbagai mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo mempunyai algoritma tersendiri dalam menilai sebuah website, apakah pantas berada di posisi teratas atau posisi terendah. Yang akan menampilkan halaman website dan konten lainnya seperti video, gambar, peta hingga berita yang sesuai bagi pengguna.

Video: Penjelasan SEO

Masih kurang jelas mengenai SEO? jika kamu baru mengenal apa itu seo, ada baiknya melihat video di bawah ini yang menjelaskan dasar-dasar SEO.

 

Penjelasan lebih lanjut mengenai SEO bagi pemula

Untuk lebih mengerti apa itu SEO, lihatlah gambar dibawah ini, gambar ini adalah tabel periodik mengenai faktor keberhasilan dalam SEO.

tabel periodik mengenai faktor keberhasilan dalam SEO
gambar dari searchengineland

Faktor Sukses Dalam SEO

Saya akan berikan faktor terpenting dalam SEO, yang harus kamu perhatikan dan pahami secara mendalam. Faktor-faktor sukses dalam SEO sejak dahulu hingga kini secara garis besar sebagai berikut:
1. Mengenal tipe dari mesin pencari yang mempunyai 4 pondasi yaitu; On-Page SEO, Off-Page SEO, BlackHat SEO dan WhiteHat SEO.
2. Faktor konten yang bagus sangat penting dalam SEO. Buatlah artikel yang berguna bagi pembaca sehingga pengunjung websitemu mendapatkan artikel yang sesuai dengan apa yang mereka cari.
3. Struktur website yang baik dapat memudahkan mesin pencari merayap kedalam website kamu, sehingga web kamu akan terindeks dengan cepat. Website kamu harus mempunya kecepatan dalam loading, mempunyai tampilan design yang baik di mobile / handphone, serta hindari duplikat konten didalam website.
4. Kode HTML website harus diperhatikan. Kode HTML yang rusak dapat membuat website kamu tidak terdeteksi dalam mesin pencari.
5. Membangun jaringan dengan backlink yang relevan, serta promosikan web kamu diberbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus.Sehingga web kamu bernilai bagi pengunjung dan dapat dipercaya.

Setelah kamu memahami dasar-dasar dalam SEO dan mengerti apa itu SEO, sekarang kamu bisa menambah pengetahuan lebih dalam mengenai SEO dengan mempelajari berbagai tips SEO.

Untuk mendapatkan pelajaran lebih tentang SEO silahkan untuk subscribe blog ini (berada disamping kanan artikel). Saya akan kirim artikel pembahasan SEO yang akan saya kirimkan langsung ke email kamu setiap hari.

Leave a Reply