Tool untuk Kompres CSS dan Javascript

Tool untuk Kompres CSS dan Javascript

Salah satu cara untuk meringankan atau mempercepat load time (waktu muat) sebuah blog adalah dengan mengkompres kode CSS dan JavaScript pada blog. 

Kenapa sih mas kok dengan mengkompres CSS/JavaScript bisa mempercepat loading blog kita? 

Yaps karena dengan mengkompres kode CSS atau JavaScript berarti kita menghapus karakter yang tidak diperlukan dengan tanpa mengubah fungsinya.

Jika karakter yang tidak diperlukan itu tidak dihapus maka dapat menambah ukuran file kode CSS maupun JavaScript. Sehingga semakin besar ukuran file, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan oleh browser untuk membaca file tersebut. Karena itulah sebaiknya Anda melakukan kompres kode CSS maupun JavaScript pada blog Anda agar load time blog Anda menjadi semakin ringan, selain itu kode CSS pada blog Anda juga akan terlihat lebih ringkas, rapi dan cantik seperti pacar saya hehe *padahal gak punya pacar.

Untuk melakukan kompres CSS maupun JavaScript kita dapat memanfaatkan sebuah tool yang saya rekomendasikan yaitu refresh-sf.com. Dalam melakukan kompres kode CSS, tool ini sangat berbeda dengan tool kompres CSS lainnya, karena tool ini akan mengelompokkan beberapa tag yang memiliki kode yang sama sehingga tidak akan ada pengulangan penulisan lagi pada kode CSS Anda.

Cara Kompres CSS

1. Backup template sebelum melakukan editing.
2. Silahkan copy kode CSS pada template blog Anda yang berada di antara kode <style> dan </style> atau <b:skin><![CDATA[ ]]> dan </b:skin>
3. Buka situs refresh-sf.com
4. Centang keepBreak pada menu Clean-CSS di bawah kolom. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan baris baru agar memudahkan Anda jika ingin melakukan perubahan pada kode CSS tersebut.
4. Paste kode CSS ke kolom yang telah disediakan.
5. Lihat pada bagian menu di kanan atas kolom, selanjutnya klik “CSS”.
6. Kode CSS berhasil dikompres dan siap dipasangkan pada blog Anda.

Cara Kompres JavaScript

1. Backup template sebelum melakukan editing.
2. Silahkan copy kode JavaScript pada template blog Anda yang biasanya berada di antara kode <head> dan </head> atau tergantung pada beberapa template.
3. Buka situs refresh-sf.com
4. Paste kode JavaScript ke kolom yang telah disediakan.
5. Lihat pada bagian menu di kanan atas kolom, selanjutnya klik “JavaScript”.
6. Kode JavaScript berhasil dikompres dan siap dipasangkan pada blog Anda.

Sekian tutorial mengenai tool untuk kompres CSS dan Javascript. Semoga loading blog Anda semakin ringan atau lebih cepat dari sebelumnya.

Leave a Reply