Strategi Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog dengan Mudah

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog dengan Mudah

Seringkali saya melihat seorang blogger melakukan upaya-upaya SEO yang berlebihan. Melakukan hal-hal spam, berkomentar dengan memberikan link, dan sebagainya. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan dan meningkatkan trafik pengunjung.

Tetapi kualitas kontennya sama sekali tidak berkualitas, hasil copas, dipenuhi banyak anchor text yang berlebihan dengan tujuan membangun internal link, pengulangan keyword yang berlebihan dan lain sebagainya.

Ingat meningkatkan trafik pengunjung itu tidak mudah. Semuanya perlu dilakukan dengan kerja keras, konsisten, profesional dan SABAR.

Momen-momen yang sangat memperlukan kerja keras adalah ketika Anda baru membuat blog. Anda harus mempersiapkan artikel, mempromosikan, membenahi tampilan/template, optimasi, dan lain sebagainya.

Strategi Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog dengan Mudah

Jika Anda sedang mengalami hal tersebut dan membutuhkan strategi untuk meningkatkan trafik pengunjung, mungkin strategi yang saya bagikan ini dapat Anda terapkan. Semua strategi ini telah saya terapkan dan perlahan-lahan pengunjung blog saya semakin meningkat.

1. Menulis Artikel Berkualitas

Ingat “content is the king!”. Konten dalam blog Anda lah yang menentukan segalanya. Jangan sampai pengunjung Anda kecewa dengan konten Anda yang hanya hasil salinan dari blog lain, isi yang tidak berkualitas, banyak text internal link, dan sebagainya.

Buatlah artikel yang menarik dan berkualitas (jangan copas).

Pastikan Anda telah menguasai topik dari artikel Anda, gunakan bahasa yang baik, artikel panjang boleh tapi jangan kebanyakan basa-basi, berikan gambar, berikan link ke artikel lama Anda dengan baik dan tidak berlebihan, pastikan artikel Anda dapat bermanfaat bagi para pembaca dan gunakan judul yang dapat menarik perhatian orang.

2. Tampilan Blog atau Template

Gunakanlah template atau tampilan yang SEO Friendly, Responsive, dan sebagainya. Hindari pemasang banyak iklan yang dapat menyulitkan pengunjung untuk membaca konten Anda. Hapus widget yang tidak penting. Pastikan konten Anda dapat dilihat dengan baik oleh pengunjung. Pastikan blog Anda dapat diakses dengan cepat.

Baca Juga : Simple WHY Responsive Blogger Template

3. Daftarkan Blog dan Submit Artikel Anda ke Google Webmaster

Setelah Anda mem-publish artikel, sebaiknya Anda submit URL Artikel Anda ke tools yang disediakan Google Webmaster yaitu Submit URL.

Untuk menggunakan tools ini Anda harus mendaftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools terlebih dahulu. Setelah blog Anda terdaftar di google webmaster tools silahkan submit URL Artikel Anda di sini Submit URL (Hal ini bertujuan agar artikel Anda cepat terindex oleh google).

4. Promosikan Artikel Anda di Social Media

Sebagus apapun artikel Anda jika tidak dipromosikan maka tidak akan ada yang membaca.

Apakah Anda sudah menggunakan Social Media? Entah itu facebok, twitter, google plus dan sebagainya. Bagikanlah artikel baru Anda ke social media yang Anda miliki. Karena saat ini pengguna social media sudah sangat banyak dan ini peluang Anda untuk mendapatkan trafik yang besar.

5. Bergabung di Forum

Saat ini bukan hanya situs forum saja yang dapat Anda gunakan, saat ini banyak social media yang telah memberikan fasilitas grup untuk penggunanya. Salah satunya facebook.

Anda dapat bergabung di forum atau grup social media yang sesuai dengan topik blog Anda. Setelah bergabung buatlah thread yang bermanfaat di grup tersebut. Ingat jangan melakukan hal-hal spam.

Seringkali saya melihat thread yang merupakan sebuah pertanyaan. Ketika saya lihat thread itu sudah memiliki 10 komentar. Ketika saya lihat komentarnya, ternyata tidak ada satupun komentar yang menjawab pertanyaan itu. 10 komentar tersebut hanya komentar SPAM yang hanya mencantumkan link blognya saja. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjawab pertanyaan seperti itu agar Anda mendapatkan perhatian dan lebih dikenal dalam forum atau grup tersebut.

6. Atur Aktifitas Posting

Apa akibatnya jika Anda tidak mengatur Jadwal aktifitas posting? Jika artikel Anda sudah berkualitas, bermanfaat bagi pengunjung dan pengunjung Anda menyukainya. Maka dipastikan pengunjung Anda akan datang kembali ke blog Anda untuk mendapatkan artikel terbaru.

Tetapi ketika pengunjung Anda datang kembali ke blog Anda, ada yang aneh, pengunjung tidak menemukan artikel terbaru. Dan saat itu juga Anda akan kehilangan pengunjung.

Buatlah jadwal posting secara teratur agar Anda tidak kehilangan pengunjung. Buatlah jadwal update artikel satu hari sekali atau paling sedikit seminggu tiga kali. Ingat jangan update banyak artikel dalam satu hari. Hal itu sangat sia-sia.

Jika blog Anda memiliki jadwal posting yang teratur maka pengunjung blog Anda pun akan menyukainya. Pengunjung akan menganggap blog Anda terawat dan mereka akan mengunjungi blog Anda kembali untuk mendapatkan artikel terbaru Anda. Dan tetaplah mem-publish artikel yang berkualitas.

Nah itulah strategi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan trafik pengunjung blog Anda. Anda memiliki strategi lain? Silahkan berkomentar ya.

Leave a Reply